baa
Moral politik.com. Masyarakat Kabupaten Rote Ndao dihebohkan dengan perjuangan seorang ibu di Kampung Pokobatu, Dusun Denedua, Desa Lakamola Kecamatan Rote Timur.
Rinci Saba Sunbanu, secara mengejutkan melahirkkan bayi kembar tiga tanpa bantuan tenaga medis.
Senci Saba, salah seorang sepupu istri dari Erasmus Saba, kala ditemui Moral-politik.com  di RSUD Ba’a mengatakan, saat melahirkan tiga buah hatinya, Jumat (24/5) akhir pekan kemarin, Rinci Saba Sunbanu hanya dibantu dukun beranak di wilayah itu.
Meski tanpa mendapat pertolongan medis, katanya, prosesnya berjalan normal.
Disebutkannya, berat bayi yang berjenis kelamin dua orang perempuan dan satu orang laki-laki tersebut, masing-masing 1,2 kilogram dan 1,5 kilogram.
“Mereka lahir secara normal, hanya dibantu oleh Dukun Beranak di desa. Karena di desa kami tidak ada bidan,” ungkapnya.
Sebelum melahirkan, sambungnya, Rinci Saba Sunbanu sempat memeriksakan kandungannya ke bidan di wilayah itu beberapa waktu lalu, namun diperoleh keterangan bahwa tidak ada tanda-tanda bayi kembar di dalam kandunagannya.
Ditambahkannya, meski ketiga balita itu dilahirkan secara normal, namun untuk menjaga kesehatannya, usai melahirkan langsung dilarikan ke RSUD Ba’a untuk mendapat perawatan medis.
“Setelah proses kelahiran, kami memutuskan untuk mengantarkan ketiga bayi beserta ibunya ke Rumah Sakit Umum Daerah Ba’a, sebab berat ketiga bayi tersebut terbilang tidak normal, dan saat ini sudah ditangani oleh pihak rumah sakit,” katanya.
Pantauan kami di RSUD Ba’a, Sabtu (25/5), ketiga bayi tersebut tengah berada dalam Inkubator, sedangkan ibunya masih menjalani perawatan di ruang kebidanan.
Salah seorang petugas medis yang berhasil dikonfirmasi mengungkapkan, ketiga bayi itu diberi perawatan karena berat badannya tidak normal.

http://moral-politik.com