pariwisata
Sektor pariwisata menjadi salah satu produk andalan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun hingga saat ini masih banyak objek wisata yang ada di Kabupaten Rote Ndao yang belum dapat dibenahi.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Rote Ndao, Yulius Ufi belum lama ini
Menurut dia, salah satu persoalan serius yang dihadapi pihaknya untuk penataan objek wisata di Kabupaten Rote Ndao, adalah pembebasan lahan di lokasi wisata. Sebab kebanyakan lahan tersebut masih milik warga.
Diakuinya, salah satu hal yang perlu dilakukan untuk menarik minat para wisatawan berkunjung ke Rote Ndao, selain daya tarik objek wisata yang dikunjungi, namun perlu didukung sarana penunjang yang memadai.
Menurut dia, hingga saat ini terdapat dua objek wisata di Kabupaten Rote Ndao yang belum dapat dibenahi, diantaranya objek wisata Tangga 300 di Kecamatan Rote Selatan, Batu Termanu di Rote Tengah.
“Objek wisata itu belum dapat dibenahi karena terkendala dengan pembebasan lahan dari warga,” katanya.
Untuk itu pihaknya telah berkoordinasi dengan camat pada dua lokasi itu supaya membantu pihaknya berkoordinasi dengan pemilik lahan, supaya diijinkan melakukan pengembangan terhadap objek wisata yang ada.
“Memang ada rencana pembangunan di beberapa lokasi wisata, namun setelah dilakukan pendekatan untuk pembangunan lopo atau tempat santai bagi pengunjung, warga meminta supaya dilakukan pembebasan lahan terlebih dahulu,” katanya.
Dia menambahkan, aktivitas pariwisata di kabupaten Rote Ndao masih perlu dilakukan pembenahan terutama penyiapan sarana penunjang yang masih lemah.
Untuk diketahui, di Kabupaten Rote Ndao terdapat sejumlah lokasi wisata seperti lokasi wisata Nemberala, Bo’a, Batu Termanu dan Tangga 300, serta potensi wisata lainnya yang telah mendunia.
Bahkan di lokasi wisata Nemberala dan Boa’a, misalnya, telah banyak dibeli pihak asing dan telah membangun di atasnya.
Pantauan wartawan di lokasi wisata Nemberala belum lama ini, banyak bangunan milik para turis asal sejumlah negara memadati dan berdempetan di kawasan wisata Pantai Nemberala, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao.

Sumber: rumahalir.or.id