Ndao Rote
Ba’a, Para atlet Kushin Ryu M Karate Do Indonesia (KKI) Dojo Busalangga, Kecamatan Rote Barat Laut berhasil meraih piala bergilir Bupati Cup I dan piala tetap Ketua Umum FORKI Rote Ndao setelah keluar sebagai juara umum dalam perlombaan antarperguruan dan dojo Forki Rote Ndao 24-25 Mei di aula Bappeda Rote Ndao. Dojo Busalangga mendulang 8 medali emas, 7 perak dan 5 perunggu. Urutan kedua Dojo SMPN 1 Lobalain dengan perolehan medali 3 emas, 5 perak dan 3 perunggu. Urutan tiga Dojo Papela Rote Timur dengan perolehan medali 3 emas, 2 perak, dan 3 perunggu. Selain mendapatkan piala bergilir dan piala tetap para atlet yang berperstasi juga mendapatkan medali.
Bupati Rote Ndao Leonard Haning mengatakan, dengan suksesnya penyelanggaraan kejuaraan ini bisa memotivasi pengurus olahraga lainnya agar dapat menggelar kegiatan serupa sehingga dapat membina para atlet untuk terus meningkatkan prestasi mereka.
Bupati juga mengatakan, terlaksananya kejuaraan ini sebagai wujud keseriusan pemerintah daerah dan pengurus FORKI Rote Ndao dalam memajukan prestasi olahraga di daerah ini.
Ketua Panitia Pelaksana Ronald JN Messakh mengatakan, kegiatan ini sebagai wadah meningkatkan pembinaan karate di Rote Ndao.
Menurut Messakh, kejuaraan ini bersifat terbuka dan dapat diikuti oleh seluruh karateka, baik yang mewakili FORKI kecamatan, perguruan maupun sekolah atau perkumpulan Karate Do yang ada di Rote Ndao, perguruan KKI dan Sotokay. Namun perguruan Sotokay berhalangan hadir sehingga
yang ikut dalam pertandingan hanya atlet dari perguruan KKI yang berasal dari Dojo Busalangga, Kecamatan Rote Barat Laut, Dojo SMP Negeri 1 Ba’a, Kecamatan Lobalain, Dojo Papela, Kecamatan Rote Timur, dan Batutua Kecamatan Rote Barat Daya. Ketua Umum FORKI Adrianus Adu mengatakan, pelaksanaan kejuaran dapat menekan perilaku negatif yang sering dilakukan oleh generasi muda Rote Ndao.

Sumber : http://www.victorynews-media.com